DESAIN DAN PEMODELAN GRAFIS
Dalam
penulisan kali ini, saya akan mengangkat sebuah tema yang cukup menarik, yaitu
tentang desain dan pemodelan grafis.
1. Apa itu desain dan pemodelan grafis ?
Desain seni terapan,
arsitektur dan pencapaian kreatif lainnya. Desain juga diartikan
sebagai kerangka
bentuk atau rancangan.
Pemodelan adalah
pola/contoh dari sesuatu yang akan dibuat atau dirancang. Pemodelan
adalah tahap dimana akan dibentuknya suatu obyek. Proses pemodelan ini
memerlukan
perancangan dengan beberapa langkah saat pembuatannya. memerlukan perancangan
dengan beberapa langkah saat pembuatannya.
Grafik didefinisikan
sebagai suatu pengungkapan dan perwujudan dalam bentuk huruf,simbol
& gambar dengan menggunakan proses pencetakan. Grafik juga didefinisikan
sebagai suatu
manipulasi model dan citra.
Jadi,
desain pemodelan grafis adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang membuat dan
menciptakan objek baru berupa seni terapan, arsitektur, dan pencapaian kreatif
lainnya yang direkayasa perangkat lunak yang dilakukan pada tahapan pembuatan,
penyimpanan, dan manipulasi model dan citra.
2. Prinsip dan
unsur apa saja yang ada pada desain pemodelan grafis ?
Unsur-unsur
yang terdapat dalam desain pemodelan grafis diantaranya adalah :
Garis (Line)
Sebuah
garis adalah unsur desain yang menghubungkan antara satu titik poin dengan
titik poin yang lain sehingga bisa berbentuk gambar garis lengkung (curve) atau
lurus (straight). Garis adalah unsur dasar untuk membangun bentuk atau
konstruksi desain.
Bentuk (shape)
Shape atau bentuk adalah segala sesuatu yang memiliki bentuk, diameter dan lebar. Bentuk dasar yang dikenal secara umum adalah segitiga, kotak dan bulat.
Shape atau bentuk adalah segala sesuatu yang memiliki bentuk, diameter dan lebar. Bentuk dasar yang dikenal secara umum adalah segitiga, kotak dan bulat.
Tekstur
(texture)
Tekstur
merupakan tampilan permukaan atau corak yang dapat dinilai dengan cara dilihat
atau diraba. Contohnya seperti permukaan karpet, baju, canvas, kulit kayu dan
sebagainya.
Ruang (space)
Ruang
merupakan jarak antara suatu bentuk dengan bentuk lainnya. Dalam praktek desain
dapat dijadikan untuk memberikan efek estetika dan dinamika.
Ukuran (size)
Merupakan
unsur lain dalam desain yang mendefinisikan besar atau kecilnya suatu objek.
Dengan unsur ini dapat menciptakan penekanan pada objek desain sehingga orang
akan tahu yang mana yang akan dilihat atau dibaca dahulu.
Warna (color)
Warna
merupakan unsur penting dalam desain karena berfungsi untuk menampilkan
identitas, menyampaikan pesan atau membedakan sifat dari bentuk-bentuk visual
secara jelas.
Setelah
mengetahui tentang unsur-unsurnya sekarang kita bahas mengenai prinsip desain
grafis.prinsip desain grafis diantaranya adalah :
Keselarasan
(harmony)
merupakan
prinsip desain yang diartikan sebagai keteraturan tatanan diantara bagian suatu
karya.
Unsur-unsur
tersebut membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual.
Keseimbangan
(balance)
Merupakan
keadaan atau kesamaan antara kekuatan yang saling berhadapan sehingga
menimbulkan kesan seimbang secara visual.
Ritme (rhytm)
Merupakan
pola yang terajadi pada bidang atau ruang yang menyebabkan mata mengikuti arah
pergerakan yang terjadi pada sebuah karya.
Proporsi
(proportion)
Proporsi
merupakan hubungan perbandingan antara bagian dengan bagian lain atau dengan
elemen keseluruhan.
Tekanan
(Emphasis)
Bertujuan
untuk mengarahkan pandangan pembaca pada suatu yang di tonjolkan. Emphasis
dapat dicapai misalnya mengganti ukuran, bentuk, irama dan arah dengan memberi
kasat mata.
Kesatuan (unity)
Kesatuan
adalah suatu keutuhan suatu bentuk, atau dapat juga disebut suatu pokok
komposisi.
Prinsip-prinsip
tersebut, seperti keselarasan (harmony), keseimbangan (balance), ritme
(rhythm), proporsi (proportion), tekanan (emphasis) dan kesatuan (unity),
kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.
3. Apa perbedaan
grafis secara umum ?
Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar
untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis,
teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang
bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine
art. Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada
proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau
pun disiplin ilmu yang digunakan (disain).
Desain
grafis memiliki jenis yang bermacam-macam, secara garis besar terdiri dari 2
yaitu :
Vektor
Desain
grafis berbasis Vector adalah desain grafis yang berbasis besaran dan arah atau
magnitude dan direction. Software yang digunakan untuk editing vektor adalah:
Corel Draw, Adobe,
Illustrator, Freehand, dll
Bitmap
Desain
grafis berbasis Bitmap adalah desain grafis yang memiliki berjuta-juta titik
atau pixel. Software yang digunakan untuk editing bitmap adalah:
Adobe Photoshop, Gimp, dll
Berikut
perbedaan antara vektor dan bitmap :
Sumber
1. Pengertian desain dan pemodelan grafis :
http://task-campus.blogspot.com/2011/11/pengertian-desain-pemodelan-grafik.html
http://salmaann.blogspot.com/2012/10/pengertian-desain-pemodelan-grafik.html
2. prinsip dan unsur desain grafis
http://ansorpunya.blogspot.com/2012/10/prinsip-dan-unsur-dari-design-grafis.html
http://www.crayonpedia.org/mw/PRINSIP-PRINSIP_DESAIN_GRAFIS_KOMUNIKASI_-_Pujiyanto
http://upamy.blogspot.com/2010/02/disain-pemodelan-grafik.html
3. perbedaan grafis secara umum
http://id.wikipedia.org/wiki/Desain_grafis
http://salmaann.blogspot.com/2012/10/perbedaan-grafis-secara-umum.html#more
http://www.ahlidesain.com/perbedaan-vektor-dan-bitmap.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar